Mau Mulai Sekolah Tatap Muka? Satgas Covid 19 : Ini Tahapan yang Harus Dipatuhi!

- 22 Maret 2021, 22:15 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka.
Ilustrasi sekolah tatap muka. /ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

JURNAL GAYA – Adanya wacana dibukanya sekolah secara tatap muka ditanggapi Satgas COVID 19. Ada sejumlah tahapan yang harus wajib dipatuhi agar siswa dan juga tenaga pengajar merasa aman ditengah-tengah Pandemi Covid 19.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan setidaknya ada sejumlah tahapan yang harus dilalui pemerintah saat akan menggelar sekolah tatap muka di tengah pandemi yang masih melanda Tanah Air.

"Saya mungkin mau menjelaskannya bukan dari konteks hanya vaksinasi. Membuka suatu aktivitas kegiatan sosial, ekonomi salah satunya pendidikan, itu ada tahapan-tahapan yang dilalui," terang Wiku kepada wartawan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 22 Maret 2021.

Baca Juga: Jakarta Akan Mulai Sekolah Tatap Muka, Wagub Minta Siswa-siswa Divaksin Dahulu

Setidaknya dikatakan Wiko ada lima tahapan yang harus dilalui saat akan membuka sekolah tatap muka. Ia merinci kelima tahapan itu adalah prakondisi, timing, prioritas, koordinasi, dan monitoring. "Ada lima tahapan. Pertama prakondisi, kedua adalah timing, kapan dibukanya, yang ketiga adalah prioritas, sektor mana yang dibuka atau daerah mana yang dibuka, kemudian berikutnya keempat adalah koordinasi pusat dan daerah," tuturnya.

Pembukaan sekolah tatap muka pun tidak bisa dilakukan secara serentak melainkan berkala. "Jadi kan Indonesia luas, jadi untuk bisa membuka tentunya harus ada koordinasi pusat dan daerah agar siap dengan baik. Dan yang kelima itu adalah monitoring dan evaluasi," tambahnya.

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin Tolak Pembelajaran Tatap Muka, Minta Waktu Sampe Tahun Ajaran Baru

Dari lima tahapan itu, lanjut Wiku, pemerintah bisa mengetahui apakah sekolah tatap muka bisa kembali dibuka atau tidak. "Dari kondisi itu kita akan tahu apakah kita buka (sekolah tatap muka) atau gas, itu berjalan baik. Yang penting kan prinsipnya adalah masyarakat produktif dan aman Covid-19. Itu yang harus dijaga," tegasnya. ***

Editor: Yugi Prasetyo

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X