Tiba-tiba Unggah Foto KRI Nanggala, Mertua Serda Bah Yoto Ungkap Rasa Pilunya: Semoga Ada Keajaiban

- 25 April 2021, 20:13 WIB
Tiba-tiba Unggah Foto KRI Nanggala, Mertua Serda Bah Yoto Ungkap Rasa Pilunya: Semoga Ada Keajaiban
Tiba-tiba Unggah Foto KRI Nanggala, Mertua Serda Bah Yoto Ungkap Rasa Pilunya: Semoga Ada Keajaiban /Facebook/

JURNAL GAYA - Minggu 25 April 2021 menjadi puncak penantian terakhir bagi para keluarga dari 53 prajurit yang bertugas di kapal selam KRI Nanggala-402.

Dengan kalimat yang nyari tercekat, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyimpulkan bahwa KRI Nanggala-402 dinyatakan Subsunk alias tenggelam di kedalaman 850 meter perairan utara Bali.

Tak hanya terlontar dari Kasal, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto juga turut menegaskan, 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

Ya, para pahlawan laut dari KRI Nanggala-402 itu di mata TNI tetap On Eternal Patrol atau tetap bertugas menjaga samudra. Namun bedanya, ke-53 prajurit tak akan kembali lagi pada keluarga mereka.

Baca Juga: TRAGIS Baru 2 Bulan Menikah, Serda Ede Pandu Yudha Kusuma Ikut Dalam Kapals Selam KRI Nanggala-402

"Rasa prihatin dan duka yang mendalam kini dirasakan TNI Angkatan Laut. Namun yang lebih berat adalah seluruh keluarga yang ditinggalkan, semoga mereka dikuatkan," ujar Yudo Margono saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu 25 April 2021 yang dikutip melalui YouTube.

Kasal menjelaskan, saat menyelam di perairan utara Bali KRI Nanggala-402 ditumpangi 53 prajurit yang meliputi 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Sebelum hilang kontak, kapal selam sempat meminta izin untuk latihan penembakan terpedo di perairan Bali.

Di balik perjuangan TNI AL dan relawan dalam pencarian kapal selam ini, banyak ungkapan getir dan duka teramat dalam dari para istri, anak hingga orang tua yang ditinggalkan.

Salah satunya Mita Sofia Kurniaviratama, istri Sertu Bah Yoto Eki Setiawan. Mita pun terus menuai asa dan hingga mencurahkan kesedihannya di akun TikTok pribadinya.

Halaman:

Editor: Dini Yustiani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X