Ribuan Warga Gaza Turun ke Jalan Teriakan Takbir Rayakan Kemenangannya

- 21 Mei 2021, 08:11 WIB
Ribuan warga Gaza teriakan takbir merayakan kemenangannya atas Gencatan Senjata yang diajukan Israel
Ribuan warga Gaza teriakan takbir merayakan kemenangannya atas Gencatan Senjata yang diajukan Israel /

JURNAL GAYA – Setelah kawasan Israel terutama ibukotanya, Tel Aviv terus menerus digempur oleh pejuang Hamas, Palestina. Akhrinya pemerintah Israel menyerah dan meminta gencatan senjata. Dengan resmi pada Jum’at 21 Mei 2021 dini hari pukul 02.00 WIB gencatan senjata itupun dimulai.

Langsung disambut oleh ribuan warga Palestina dijalur Gaza. Bahkan masjid-masjid pun mengumumkan dan seketika gema takbir pun mengumandang diseluruh kawasan Gaza. Ribuan warga pun seketika tumpah merayakan dengan sukacita kemenangan mereka.

Baca Juga: Setelah Saling Serang, Israrel dan Hamas Resmi Sepakat Lakukan Gencatan Senjata

Seperti dilaporkan oleh aktivis Palestina asal Indonesia, Muhammad Husein Gaza, para warga menyambut dengan suka cita kemenangan tersebut. “Jum'at, 9 Syawwal / 21 Mei Pukul 02.00 dini hari ribuan warga Palestina di Gaza turun ke jalan - jalan merayakan kemenangan Para pejuang Gaza yang berhasil memaksa para penjajah menyepakati kesepakatan Gencatan senjata bersyarat,” tulis Husein dalam akun instgramnya, Jum’at 21 Mei 2021.

Dikatakannya, semua masjid diseluruh Gaza langsung mengumandangkan takbir tanda kemenangan. “Masjid - masjid di seluruh Gaza kumandangkan takbir...Allaahu Akbar!!! ✊✊✊,” ujarnya.

Sebelumnya, Faksi Islamis Palestina secara resmi mengumumkan bahwa Israel dan Hamas sepakat melakukan gencatan senjata di seluruh perbatasan Jalur Gaza, mulai hari Jum’at 21 Mei 2021 Pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Israel sepakat untuk gencatan senjata dan menerima sejumlah persyaratan yang disodorkan Hamas kepada mereka.

Berdasarkan laporan kantor berita Reuters, gencatan senjata ini berpotensi mencegah terjadinya pertempuran paling sengit dalam puluhan tahun.

Kabinet keamanan Israel mengatakan pihaknya secara bulat telah mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza “secara timbal balik dan tanpa syarat” sebagaimana yang diusulkan Mesir sebagai mediator, tetapi menambahkan bahwa jam pelaksanaannya belum disepakati.

Perkembangan terbaru ini terjadi setelah Presiden Amerika Joe Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengupayakan deeskalasi, dan di tengah tawaran media oleh Mesir, Qatara dan PBB.

Halaman:

Editor: Yugi Prasetyo

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X