Operasikan SUTET dan GITET di Pemalang, PLN Optimalkan Distribusi Listrik di Pulau Jawa

- 3 Juni 2021, 14:17 WIB
PLN Pemalang
PLN Pemalang /Jurnal Gaya / Juniar /PLN

JURNAL GAYA - Untuk membantu meningkatkan penyediaan listrik di Pulau Jawa, PLN berhasil mengoperasikan SUTET 500 kV PLTU Tanjung Jati B – Pemalang (Batang) dan GITET 500 kV Pemalang (Batang).

SUTET dan GUTET ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah.

Melalui rilis ke media yang diterima redaksi JURNAL GAYA, Kamis, 3 Juni 2021, PLN menginformasikan bahwa pihaknya berhasil memberikan tegangan perdana (energize) dan mengoperasikan 2 (dua) Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah.

Proyek strategis nasional ini menyerap ribuan tenaga kerja yang berasal dari wilayah sekitar proyek tersebut.

SUTET dan GUTET ini melibatkan lebih dari 3.500 tenaga kerja lokal dalam pembangunannya, infrastruktur ketenagalistrikan tersebut berpotensi menghemat hampir Rp20 miliar per hari.

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) bertegangan 500 kilo volt (kV) PLTU Tanjung Jati B – Pemalang (Batang) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Batang.

Baca Juga: Gandeng Shopee, Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Shopee Center Guna Mempercepat UMKM Jabar Go Digital

Menurut General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT), Octavianus Duha menjelaskan, kedua infrastruktur ketenagalistrikan tersebut berfungsi untuk mengevakuasi daya dari pembangkit-pembangkit berkapasitas besar di Pulau Jawa.

"Infrastruktur transmisi dan gardu induk ini diharapkan dapat semakin meningkatkan keandalan dan kapasitas pasokan listrik serta dapat memacu pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah utara Pulau Jawa," ungkap Octavianus Duha.

Halaman:

Editor: Dini Yustiani

Sumber: PLN


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X