Masih Derita Anosmia Pasca Kena Covid-19, Berikut Tips dari Dokter Tirta Agar Segera Sembuh

- 18 Juli 2021, 23:29 WIB
Ilustrasi penderita Anosmia karena terpapar Covid-19
Ilustrasi penderita Anosmia karena terpapar Covid-19 /ilustrasi/

JURNAL GAYA - Salah satu gejala yang dirasakan para penderita Covid-19 diantaranya anosmia atau gejala kehilangan indera penciuman sehingga tidak bisa mencium bebauan yang ada di dekatnya.

Pasca sembuh dari Covid-19 untuk beberapa orang gejala anosmia ini terkadang masih mengganggunya untuk bisa hidup secara normal. 

Anosmia bisa melebihi waktu isolasi mandiri yang sudah dihabiskan penderita Covid-19 untuk smebuh dari berbagai gejala sakit yang dideritanya.

Menurut dokter Tirta, seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, relawan, dan penggiat media sosial yang fokus dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Ia membagikan tips agar anosmia segera hilang dari indera penciuman penyintas Covid-19.

"Cara menyembuhkan anosmia secara logis adalah kita menambahkan banyak zat-zat pembangun tubuh. Apa saja zat pembangun sel tubuh? Yaitu protein. Nutrisi yang mencukupi itu akan membuat protein kita cukup," ujar Tirta dalam diskusi yang digelar secara daring, Sabtu, 17 Juli 2021 seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Cuplikan Ikatan Cinta 18 Juli 2021: Aldebaran Tolong Katrin, Andin Cemburu

Menurut dokter Tirta, para penyintas harus memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh mereka agar tubuh terbantu menyembuhkan dirinya sendiri.

Aktivis kemanusiaan yang juga memiliki bisnis jasa laundry sepatu ini mengatakan, kebutuhan vitamin bisa dipenuhi dari buah-buahan dan sayur mayur.

Hal yang paling penting menurut dokter Tirta penderita anosmia harus bed rest secara total. 

Halaman:

Editor: Dini Yustiani

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X