Jumat Barokah, Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan di Hari Jumat

- 3 September 2021, 07:48 WIB
/
 JURNAL GAYA - Memasuki hari Jumat yang mulia ini ada beberapa perbuatan yang bisa kita amalkan. Ikhlas dan niatkan hanyamengharapkan pahala dari Allah SWT.
 
Hari Jumat digelari sayyidul ayyam (penghulunya hari-hari dalam seminggu). Karena, Islam sangat memperhatikan keutamaan hari Jumat. 
 
Bahkan, Rasulullah pun mengajarkan umatnya agar memaksimalkan hari Jumat, yang dimulai sejak Kamis malam waktu Maghrib sampai Jumat malam waktu Maghrib. Jangan sampai, kita semua melewatkan keberkahan hari Jumat begitu saja.

Seperti dikutip dari Youtube Channel, Hafizh dan imam asal Madinah, almarhum Syekh Ali Jaber. Berikut ketiga amalannya:
 
 
1. Membaca Shalawat di Hari Jumat

Umat Islam sebaiknya memperbanyak shalawat pada hari Jumat. Bisa di masjid, di rumah, di kendaraan, di kantor, atau di mana pun berada.
 

Seperti bunyi hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di malam yang bercahaya dan di hari yang bersinar" (HR. Baihaqi).

Hadits lainnya diriwayatkan dari Anas ra, bahwa Nabi saw bersabda, "Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumat. Barangsiapa yang melakukan itu, maka aku akan menjadi saksi baginya atau memberikan syafaat (kepadanya) di hari kiamat" (HR. Baihaqi). 

Baca Juga: Sinopsis Putri Untuk Pangeran Malam Ini: Putri dan Pangeran Gak Jadi Putus, Konflik Mel dan Riski Memanas!

2. Membaca Al quran surah al-Kahfi. 
 
Dianjurkan membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat hingga matahari terbenam.
 
Seperti diriwayatkan hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang meneranginya di antara dua Jumat" (HR. Al Hakim dan Baihaqi dan disahihkan oleh Al-Albani). 
 
3. Memperbanyak bersedekah.

Bersedekah di hari Jumat sangat dianjurkan karena nilai-nilai keutamaan yang terdapat pada hari Jumat.

Sedekah yang baik bisa dilakukan setelah subuh. Saat bersedekah subuh ada dua malaikat yang ikut mendoakan sehingga rezeki menjadi barakah.***

Editor: Dini Yustiani

Sumber: YouTube


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X