PTM 1.500 Sekolah di Jakarta Ditunda, Berikut Ini Alasannya

- 28 September 2021, 06:34 WIB
Suasana proses belajar mengajar Pertemuan Tatap Muka di SMA Negeri 3 Maros, PPKM level 3 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu. 18 Agustus 2021.
Suasana proses belajar mengajar Pertemuan Tatap Muka di SMA Negeri 3 Maros, PPKM level 3 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu. 18 Agustus 2021. /ANTARA

JURNAL GAYA - Di tengah mulaj maraknya pembelajaran tatap muka (PTM) hampir di seluruh tempat di tanah air, Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta malah menunda PTM.

Penundaan PTM pada sedikitnya ​1.509 sekolah selama sepekan mulai Senin ini dikarenakan adanya asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Melansir dari laman Antaranews, Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah menyebutkan penundaan tersebut dilakukan karena jadwal asesmen tersebut dilakukan pada 27 September sampai 30 September 2021 sehingga tidak dilaksanakan PTM untuk seluruh sekolah.

"ANBK itu menghadirkan juga perwakilan siswa ke sekolah untuk asesmen menggunakan lab komputer sehingga dikhawatirkan terjadi kerumunan di sekolah, karenanya pelaksanaan PTM terbatas itu ditunda sampai 1 Oktober 2021," ujar Taga saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Ini Lokasi SIM Keliling Besok Selasa, 28 September 2021 Wilayah Kota Cirebon

Selanjutnya Taga menjelaskan pula penyebab penundaan PTM untuk semua jenjang untuk menghindari kerumunan, "Karena walaupun ANBK itu untuk jenjang SMA tetapi PTM terbatas itu melibatkan Paud, SD, SMP, SMA dan SMK. Kita khawatir terjadi kerumunan ada yang satu sekolah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana menyebutkan bahwa PTM itu tidak dilaksanakan Senin ini karena 899 sekolah baru yang akan ditambahkan pada 610 sekolah pelaksana PTM terbatas, masih dalam tahap asesmen atau penilaian.

Nahdiana menjelaskan bahwa asesmen tersebut berfungsi untuk verifikasi apakah protokol kesehatan di sekolah-sekolah tersebut siap atau tidak apabila menggelar PTM terbatas.

"Jadi, sekarang kita siapkan agar mereka bersiap-siap dan dinyatakan lolos untuk buka sekolah PTM terbatas," kata Nahdiana beberapa hari lalu.

Halaman:

Editor: Dini Yustiani

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X