Pasca Gempa Banten, Sejumlah Rumah di Pandeglang Rusak, BNPB: Kerugian Materil Masih Didata

- 14 Januari 2022, 18:53 WIB
Pasca Gempa Banten, Sejumlah Rumah di Pandeglang Rusak, BNPB: Kerugian Materil Masih Didata
Pasca Gempa Banten, Sejumlah Rumah di Pandeglang Rusak, BNPB: Kerugian Materil Masih Didata /BNPB/

JURNAL GAYA - Gempabumi dengan magnitudo 6,7 yang baru saja mengguncang wilayah Banten dampaknya terasa juga di Kabupaten Pandeglang, Jumat 14 Januari 2022.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa Banten terjadi pada pukul 16.05 WIB berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 kilometer.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempabumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Baca Juga: GEMPA Magnitudo 6,6 Goyang Banten, Ini Ramalan Seram dari Pria Indigo Hard Gumay, Benar Terjadi?

"Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan," ujar Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulisnya, Jumat 14 Januari 2022.

Sementara itu, laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

"Guncangan gempabumi juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Beberapa warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempabumi," sambungnya.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempabumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Baca Juga: UPDATE Gempa Banten-Megatrhust Selat Sunda, Magnitudo 6,6 Tidak Berpotensi Tsunami, BMKG: Awas Gempa Susulan!

Halaman:

Editor: Dini Yustiani

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network