HATI-HATI! Marak Penipuan Link Undangan Pernikahan, Berikut Tipsnya Agar Tidak Tertipu

- 5 Februari 2023, 13:37 WIB
Marak Penipuan Link Undangan Pernikahan
Marak Penipuan Link Undangan Pernikahan /JG/RIZKA/pixabay.com

JURNAL GAYA - Mengalami kasus penipuan bisa menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Terlebih lagi kemajuan teknologi yang semakin canggih, banyak dimanfaatkan orang untuk menipu. Para oknum penipu ini sering melakukan penipuan dengan berbagai modus.

Salah satu modus penipuan yang sedang marak adalah penipuan lewat link undangan pernikahan. Penipuan melalui link undangan pernikahan biasanya berbentuk tautan link surel yang berisikan undangan pernikahan digital yang dibagikan melalui media sosial korban.

Dalam mengincar targetnya, biasanya ada kiriman pesan dari nomor yang tidak dikenal kepada korban berupa tautan link undangan pernikahan. Tautan link surel tersebut apabila di klik oleh korban maka secara otomatis data pribadi korban akan dicuri.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop Hari ini di BTC XXI Kota Bandung, Beserta Harga Tiketnya Minggu, 5 Februari 2023

Spesifiknya, ketika korban meng-klik link undangan pernikahan tersebut maka ada sebuah aplikasi terunduh yang digunakan oleh pelaku penipuan secara otomatis di ponsel korban sehingga masuk ke dalam sistem perbankan.

Parahnya lagi, pelaku penipuan tak segan-segan menguras isi tabungan pada rekening milik korban.

Kasus penipuan link undangan pernikahan menggunakan file ekstensi android package kit (APK) yang dikirimkan dalam bentuk tautan link melalui pesan WhatsApp.

Seolah ingin korban cepat-cepat masuk ke dalam perangkap, pelaku penipuan ini biasanya mengirimkan tautan link undangan pernikahan beserta dengan foto undangan pernikahan.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop Hari ini di BRAGA XXI Kota Bandung, Beserta Harga Tiketnya Minggu, 5 Februari 2023

Halaman:

Editor: Juniar Rodianur

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x