Fokus Pada Transformasi Digital, KAI Gandeng Blue Bird Hadirkan Layanan Last Mile

- 16 September 2020, 21:18 WIB
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo memaparkan layanan terbaru dari KAI yakni layanan last mail untuk pelanggan KA jarak jauh dan pelanggan rail ekspres /Jurnalgaya/humas pt kai/istimewa/

JURNALGAYA. Kenyamanan dan pelayanan penumpang menjadi salah satu prioritas dari PT Kereta Api Indonesia (Persero). Adapun salah satu upaya peningkatan pelayanan tersebut adalah dengan menggandeng PT Blue Bird Tbk untuk memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan pelanggan Rail Express.

Baca Juga: Utang Pertamina Bikin Ahok Geleng-Geleng Kepala, Ini Jumlahnya

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan untuk tahap awal jangkauan dari kolaborasi di kedua layanan ini akan diimplementasikan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

"Setelah itu akan diimplementasikan ke seluruh kota dari layanan operasional KAI dan Bluebird. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun ke-75 KAI pada 28 September 2020." Ujar Didiek. Rabu 16 September 2020.

Inovasi ini, ujarnya, kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI. Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh.

Baca Juga: Jadi Duta Kuliner, Ridwan Kamil Ingatkan Ade Londok Berbahasa Lebih Sopan

Didiek menjelaskan pengembangan aplikasi dan layanan ini untuk mendukung bisnis KAI yang kedepannya fokus pada transformasi digital.

“Dengan peningkatan integrasi antarmoda di stasiun, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Baca Juga: Sekda DKI Jakarta Meninggal karena Kerusakan Jaringan Paru-paru Efek Covid-19

Untuk mendapatkan layanan multi-channel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat mengunduh versi terbaru dari aplikasi KAI Access. Ketika melakukan pemesanan, pelanggan dapat langsung memesan taksi Bluebird dari stasiun tujuan ke lokasi tujuan akhir di aplikasi KAI Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi.

Disinggung mengenai peningkatan layanan logistik, Didiek menjelaskan bahwa kerja sama dengan Bluebird akan menawarkan kemudahan ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Express untuk mengirim barang.

Baca Juga: Kebobrokan Dibongkar Ahok, Pertamina Angkat Bicara

"Saat mengantarkan barang ke Loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird." Jelasnya.

Hal ini, ujarnya, tentu akan sangat memudahkan, karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah, dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Baca Juga: Cerita Donita Ketika Rasakan Gejala Mirip Covid-19: Mau Mati Rasanya

Pada tahap awal, Jelasnya, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen) menuju wilayah Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi), dimana pembayaran dilakukan oleh pelanggan di loket Rail Express stasiun keberangkatan.

“Semoga dengan hadirnya layanan terbaru dari kolaborasi KAI dan Bluebird akan semakin memudahkan mobilitas pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan,” Pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk. Noni Purnomo mengatakan, kami selalu menerapkan visi untuk menjadi transportasi terdepan dalam memberikan layanan yang ANDAL, yaitu Aman, Nyaman, Mudah dan Personalised dengan mengedepankan integrasi layanan antar moda, khususnya sesama layanan transportasi publik.

"Oleh karena itu kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan sinergi sangat baik antara BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dalam menghadirkan jaringan antar moda yang saling terintegrasi guna turut serta memajukan industri transportasi tanah air." Pungkasnya.****

Editor: Gayatri Pinandito


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X