Keutamaan Puasa Senin Kamis

- 17 September 2020, 03:25 WIB
ILUSTRASI puasa.*/JABARSABERHOAKS /

 

JURNALGAYA---Hari Senin Kamis, merupakan hari yang istimewa bagi umat islam. Karena, di kedua hari ini semua muslim bisa menjalankan sunnah nabi dengan berpuasa. 

Lalu, mengapa puasa Senin-Kamis, mengapa bukan hari yang lain?  "Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku bertanya kepada Beliau, lalu Beliau bersabda, 'Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada hari Senin dan Kamis."

Rasulullah SAW sendiri,  memang menekankan perhatiannya terhadap puasa Senin dan Kamis. Sangat jarang beliau meninggalkannya karena manfaat dan keutamaan berpuasa pada Senin dan Kamis tersebut. Nabi Muhammad SAW ingin ketika amalannya diangkat ke hadapan Allah swt beliau dalam keadaan shaum.
 
Aisyah ra mengatakan, "Rasulullah saw biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An Nasai dan Ibnu Majah).
 
Terkait keutamaan orang yang melaksanakan puasa sunah Senin Kamis, menurut Septian El Syakir dalam buku berjudul Islamic Hypnoparenting: Mendidik Anak Masa Kini ala Rasulullah  menyebutkan, keutamaan orang yang berpuasa. Hal itu di antaranya, ampunan dan pahala yang sangat besar, puasa adalah tameng terhadap api neraka, puasa adalah pemutus syahwat, orang yang berpuasa mendapat ganjaran khusus di sisi Allah.
 
 
Apalagi kah keutamaan dari puasa Senin-Kamis? Jurnal Gaya sendiri, menyimpulkan ada 4 point keutamaan puasa Senin Kamis, yang dihimpun dari berbagai sumber. Keutamaan tersebut adalah:
 
1. Pintu-pintu surga di buka pada dua hari tersebut, yaitu Senin dan Kamis.
 
Jadi, pada saat inilah orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan. Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,
 
“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)
 
2. Keutamaan berikutnya adalah, amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. Beliau bersabda:
 
Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hambayang di antaradia dan saudaranyaterjadi permusuhan,” (HR. Muslim).
 
3. Keutamaan hari Senin dan Kamis lainnya adalah,  Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias berpuasa pada kedua hari ini
Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,
 
“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin danKamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)
 
 
Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia mengatakan,
 
“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin danKamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)
 
4. Keutamaan lain yang dimiliki hari Kamis, bahwa kebanyakan perjalanan (safar) Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam terjadi pada hari Kamis ini.
 
Nabi, sangat menyukai keluar untuk bepergian pada hari Kamis. Sebagaimana tercantum dalam Shahih Bukhari bahwa Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatakan:
 
“Sangat jarang Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.”
 
Dalam riwayat lain juga dari Ka’ab bin Malik radhiallahu ‘anhu:
 
“Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk,dan (menang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis,” (HR.Bukhari). 
 
Sangat banyak keutamaan dari puasa sunah Senin Kamis ini, mudah-mudahan kita semua bisa istiqomah menjalankan sunah nabi yaa...sobat JG. Qiya Ameena***

Editor: Qiya Ameena


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X