Puasa Senin Kamis, Cara Aman untuk Turunkan Berat Badan

- 17 September 2020, 04:15 WIB
Ilustrasi diet. /,*/PIXABAY
JURNALGAYA---Sobat JG, yang memiliki kebiasaan rutin berpuasa setiap Senin Kamis, sebaiknya teruskan kebiasaan baik ini. Karena, selain bisa mendapatkan bernilai ibadah dan memperoleh pahala, berpuasa Senin-Kamis memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya, dengan berpuasa bisa membantu orang yang sedang menjalankan program diet.
 
Yuks kita cek, apa saja manfaat yang bisa didapatkan kalau kita berpuasa. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh JG dari berbagai sumber, berikut manfaat puasa bagi tubuh kita.
 
 
1. Membantu Menurunkan Berat Badan
 
Puasa, menjadi cara aman untuk menurunkan berat badan. Karena, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa saat berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.
 
2. Mempercepat Metabolisme
 
Puasa, ternyata bisa memberi istirahat pada sistem pencernaan di tubuh. Sehingga, bisa memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, maka dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. 
 
3. Meningkatkan Rasa Lapar
 
Puasa pun, bisa membantu mengatur hormon dalam tubuh manusia. Sehingga, orang yang berpuasa akan mengalami rasa lapar yang sebenarnya. Di satu sisi, orang gemuk tidak menerima sinyal yang benar untuk membuat mereka tahu bahwa mereka kenyang karena pola makan yang berlebihan. 
 
Puasa ini, bisa diibaratkan sebagai tombol reset. Jadi, semakin lama kita berpuasa, maka semakin banyak tubuh Amdapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang benar. Sehingga, kita dapat mengalami apa sebenarnya kelaparan itu. Belum lagi, ketika hormon Anda bekerja dengan benar, Anda menjadi lebih cepat kenyang.
 
4. Meningkatkan Pola Makan
 
Berpuasa, sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan. Karena, bagi mereka yang merasa sulit untuk membangun pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya. Namun, dengan puasa Senin Kamis dapat memungkinkan untuk makan pada waktu yang ditentukan yang sesuai dengan gaya hidup seseorang. 
 
5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
 
Puasa, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker kelaparan. 
 
 
6. Bisa Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat
 
Nah untuk anda yang berjerawat, sebaiknya berpuasa. Karena, dapat membantu membersihkan kulit. Yakni, dengan tubuh dibebaskan semenetara dari pencernaan, maka puasa dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. 
 
7. Meningkatkan Sensitivitas Insulin
 
Puasa pun, terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat (gula) lebih baik daripada tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah. 
 
 
8.Dapat Memperpanjang Umur
 
Ternyata, semakin sedikit orang makan, semakin lama orang akan hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana masa hidup orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka. Karena, semakin muda tubuh, maka semakin cepat dan efisien metabolismenya. Semakin sedikit kita makan, semakin sedikit tol yang dibutuhkan sistem pencernaan kita.
 
Gimana sobat JG, banyak banget kan manfaat puasa untuk mendukung program diet kita. Yuk, mulai rutin puasa Senin-Kamis biar dapat bonus tubuh langsing dan sehat. ***Qiya Ameena

Editor: Qiya Ameena


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X