SMA Darul Hikam Berasrama Dago Giri Gelar Research Expo

- 18 Mei 2024, 08:53 WIB
SMA Darul Hikam Berasrama Dago Giri Gelar Research Expo
SMA Darul Hikam Berasrama Dago Giri Gelar Research Expo /JG/Jun/Darul Hikam

JURNAL GAYA ---SMA Darul Hikam berasrama yang terletak di Jalan Dago Giri, menggelar research expo. Tahun ini, mengangkat tema pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mewujudkan gaya hidup minimalis yang berkelanjutan.

"Ini merupakan agenda tahunan di sekolah kami," Koordinator Riset SMA DHBA, Syifa Amniya Auliya Syahrin S.Pd dalam keterangan resminya, Jumat (17/5/2024).

Tahun ini, kata Syifa, hasil penelitian siswa/siswi di sekolahnya cukup beragam. Di antaranya, ada yang mengolah biji labu menjadi cemilan sehat, mengolah styrofoam dan kulit jeruk jadi bahan bakar, mengubah bambu jadi sedotan ramah lingkungan, membuat pelembab bibir dari buah naga dan membuat alat untuk mengubah kotoran ternak jadi biogas.

Baca Juga: HADIRI Karnaval SCTV di Majalengka, Ada: Band Kotak, Armada, Dewi Perssik, Fitri Carlina, dan Bintang Sinetron

Syifa mengatakan, setelah melakukan penelitian semua siswa mempresentasikan hasil penelitiannya secara berkelompok. Tujuan kegiatan ini, pertama untuk literasi pada semua siswa. Agar, bisa meningkatkan minat baca.

"Kan sebelum penelitian mereka mengkaji jurnal. Terus belajar juga seperti apa menulis karya tulis ilmiah," katanya.

Membuat penelitian ini, kata dia, memang ternyata urgensinya tinggi sekali. Karena, siswa harus bisa mengenal karya tulis ilmiah sejak SMP.

"Kan di asrama ini ada jenjang SMP juga, mereka juga sama sudah diajarkan penelitian cuma memang levelnya disesuaikan," katanya.

Baca Juga: Sinopsis FTV SCTV Malam Tak Ada Gebetan Mantanpun Jadi: Sweetnya CLBK Bisma Mulia dan Glenca Chysara

Halaman:

Editor: Juniar Rodianur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah