Listrik Energi Matahari Untuk Pemasangan di Rumah, Harganya Tidak Bikin Kantong Jebol

- 12 Oktober 2021, 07:09 WIB
Solar panel untuk rumahan
Solar panel untuk rumahan /JG/Juniar/PT SEI - LEN

JURNAL GAYA – Setelah energi berbahan fosil seperti minyak bumi perlahan mulai menipis persediannya di dunia, para pakar teknologi mulai menyarankan untuk segera beralih ke berbagai sumber energi terbarukan seperti listrik dan sinar matahari yang tersedia dalam jumlah besar.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan energi matahari bagi kebutuhan sehari-hari di rumahnya, berbagai perusahaan berlomba-lomba menyediakan peranti kompak dengan harga terjangkau.

Salah satu yang bisa dipertimbangkan masyarakat Indonesia yakni produk dari perusahaan dalam negeri.

Baca Juga: Gerah dengan Video Viralnya Usir Kakek Minta Uang, Baim Wong Beri Klarifikasi Ini 

Salah satu bauran energi terbarukan yang masih memiliki potensi yang besar adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pembangunannya yang lebih mudah dan biaya investasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, membuat minat untuk melakukan pemasangan PLTS ini meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini dibuktikan berdasarkan data dari Kementerian ESDM, pada tahun 2018, pembangunan PLTS yang dipasang di atap masih berada di angka 1,52 MWp dan mengalami kenaikan yang sangat signifikan hingga bulan Juni 2021 yang telah mencapai 35,56 MWp dalam kurun waktu 3 tahun.

Dari total perkembangan pemasangan PLTS Atap yang sudah dilakukan, pelanggan rumah tangga memiliki porsi yang paling besar, yaitu sebanyak 3.300 pelanggan.

Baca Juga: Daebak! Inilah 5 MV Girl Group K-Pop Generasi Ketiga Yang Paling Disukai Setiap Tahun Sejak Generasi Dimulai

Hal ini menjadi kabar baik bagi PT Surya Energi Indotama (SEI) karena minat masyarakat untuk beralih ke energi terbarukan khususnya menggunakan PLTS untuk pemakaian pribadi semakin ditinggi.

Menurut Bambang Iswanto, Direktur Utama PT SEI menjelaskan, “Sebagai perusahaan yang telah lama bergerak di bidang energi terbarukan dan untuk menjawab tantangan dalam berkontribusi di bidang energi terbarukan, PT SEI melakukan inovasi yaitu dengan meluncurkan produk terbarunya, Solar Kit Generasi Pertama atau Solar Kit 1st Gen. Solar kit ini merupakan PLTS On-Grid atau terhubung dengan jaringan PLN, dengan sistem kerja memanfaatkan energi matahari yang diubah menjadi energi listrik, untuk digunakan pada siang hari.”

Halaman:

Editor: Dini Yustiani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X