Menjajal Jembatan Cukang Monteng Ibun, Perbatasan Bandung-Garut yang Indahnya Seperti di Sydney

- 6 April 2021, 09:13 WIB
Menjajal Jembatan Cukang Monteng Ibun, Perbatasan Bandung-Garut yang Indahnya Seperti di Sydney.
Menjajal Jembatan Cukang Monteng Ibun, Perbatasan Bandung-Garut yang Indahnya Seperti di Sydney. /Dini Yustiani/

JURNAL GAYA - Awalnya, destinasi wisata ini berfungsi sebagai jalur alternatif menuju Garut, tajuknya Jembatan Cukang Monteng di Ibun, Kabupaten Bandung.

Karena banyak yang terpincut dengan kemolekannya, kini Jembatan Cukang Monteng makin ramai loh dikunjungi banyak orang. Sebagian besar sih memanfaatkannya buat berswafoto.

Terinspirasi oleh kemegahan Sydney Harbour Bridge Australia, jembatan ikonik ini membentang antara perbatasan Gunung Kamojang, Kabupaten Garut dan Ibun, Kabupaten Bandung. Menuju ke jembatan ini, TemanBaik bisa memilih jalur dari Majalaya dari arah Baleendah atau Rancaekek dan Solokanjeruk.

Desainnya khas banget, berwarna kuning stabilo dan membentang di ketinggian perbukitan indah kawasan Ibun. Cukang Monteng, hits juga loh dijuluki sebagai Kamojang Hill Bridge. 

Baca Juga: Sinopsis Sinetron Putri Untuk Pangeran SCTV Selasa 6 April 2021 Tegang ! Bu Nawang Harap Harap Cemas

"Beberapa tahun lalu saya sering lewat jembatan ini buat akses ke Garut agar terhindar dari kemacetan di Nagreg. Makin ke sini Cukang Monteng malah terkenal jadi tempat wisata," ujar Rudi, traveler asal Setiabudhi Bandung.

Apa saja sih daya tarik di sekitar Jembatan Cukang Monteng. Sejurus dengan namanya Cukang Monteng yang artinya sungai yang curam, pelesir ke sini juga kita wajib mempersiapkan diri loh. Beberapa kilometer sebelum sampai di jembatan, kita harus melewati tanjakan curam yang kemiringannya hampir 25 derajat.

Selain butuh keberanian saat memacu kendaraan, juga wajib memastikan kondisi kendaraan dalam keandaan prima ya. Tapi meski agak menegangkan, semua tantangan itu terbayarkan loh dengan lanskap Kamojang yang sangat memukau.

"Kalau ke Cukang Monteng saat liburan sih bisa menghemat banyak waktu ya dibandingkan bermacetan di jalur biasa. Tipsnya, sebelum masuk tanjakan, pastikan kendaraan dikondisikan ada pada gigi 1 atau 2 dan kalau pakai mobil matikan dulu AC biar tenaga enggak tersendat," ungkap Rudi.

Halaman:

Editor: Dini Yustiani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X