3 Keutamaan Membaca Al Kahfi di Hari Jumat

- 25 September 2020, 02:05 WIB
Selalu dekat dengan Allah. Foto ilustrasi
Selalu dekat dengan Allah. Foto ilustrasi /Pexels
JURNALGAYA---Hari Jumat, bagi umat islam merupakan hari yang spesial. Karena, banyak hal disunnahkan di hari yang mulia ini. Salah satunya,  Rasulullah Muhammad SAW mensunahkan untuk membaca Alquran. Terutama, surah al-Kahfi dianjurkan untuk dibaca setiap Jumat.
 
Beberapa hadis Nabi SAW membahas tentang surah yang menempati urutan ke-18 dalam Alquran ini. Karena, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dengan membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat. Apa saja keutamaannya?
 
1. Membaca surat Al Kahfi, akan terhindar dari fitnah Dajjal

Dengan membaca surat Al Kahfi setiap Jumat, maka kita akan terhindar dari fitnah Dajjal. Hal tersebut ada dalam hadis berikut ini yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasul SAW bersabda,  “Barangsiapa yang berada di zaman Dajjal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surah al-Kahfi.”

Di antara keutamaan surah al-Kahfi adalah menjaga diri dari fitnah Dajjal. Keterangan ini telah disampaikan Rasulullah dalam beberapa hadis sahih.

Imam Muslim memberikan bab khusus tentang surah ini. Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah al-Kahfi dan ayat Kursi. “Barangsiapa yang hafal 10 ayat pertama surah al-Kahfi, akan dijaga dari Dajjal” (HR Muslim).

 

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Faedahnya

 

Ada juga riwayat lain yang menjelaskan tentang keutamaan berupa terjaganya diri dari fitnah al-Masih Dajjal. Imam Muslim meriwayatkan di dalam riwayat lain dengan lafaz, “Di ayat terakhir surah al-Kahfi.”

Adapun Imam al-Nasa'i meriwayatkan dengan lafaz, “Barangsiapa membaca 10 ayat surah al-Kahfi.” Imam al-Nasa'i meriwayatkannya dari Tsauban, yang mendengar dari Rasululllah, “Barangsiapa yang membaca 10 ayat terakhir surah al-Kahfi, maka hal tersebut akan menjaganya dari Dajjal” (HR Muslim).

Riwayat-riwayat di atas tidak ada yang kontradiktif. Intinya, siapapun Muslim yang membaca surah al-Kahfi--baik pada bagian awal, akhir, atau mana saja dalam surah itu--maka Allah SWT akan menjaganya dari fitnah Dajjal.

2. Cahaya di Hari Kiamat

Halaman:

Editor: Qiya Ameena


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X