6.000 Rumah di Aceh Timur Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

- 5 Desember 2020, 16:02 WIB
ilustrasi Banjir/Pixabay Hermann
ilustrasi Banjir/Pixabay Hermann /foto Pixabay .Hermann /

JURNALGAYA - Sebanyak 6.701 rumah di 15 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur terendam banjir. Akibatnya, ribuan warga mengungsi.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi, Sabtu 5 Desember 2020.

"Akibat hujan lebat kian mengancam separuh wilayah Aceh Timur dikepung banjir. Bahkan ribuan rumah terendam dan ribuan warga mengungsi," tutur Ashadi.

Baca Juga: Banjir Rendam 2.773 Rumah, Hashtag Pray for Medan Trending Twitter

Dia menjelaskan, tercatat 1.931 jiwa dalam 481 kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke rumah tetangga dan mushalla. Sedangkan 6.220 KK dari 24.315 jiwa masih bertahan di rumah masing-masing.

Sebanyak 15 dari 24 kecamatan di Aceh Timur yang terendam banjir seperti Kecamatan Pereulak Timur, Julok, Peudawa, Sungai Raya, Indra Makmur, Bireum Bayeun, Pereulak, Ranto Pereulak, Pante Bidari, Idi Tunong, Darul Salam, Pereulak Barat, Idi Rayeuk, Darul Ihsan dan Madat.

"Banjir terparah terjadi di Kecamatan Rantau Peureulak dan Peureulak serta Sungai Raya," beber dia.

Baca Juga: Politisi PKS Tifatul Sembiring Sentil Prabowo Subianto dan Edhy: Sakitnya Tuh di Sini

BPBD telah mengerahkan seluruh petugas di Posko Bencana ke sejumlah titik, baik untuk melakukan evakuasi warga yang terperangkap banjir, maupun warga membantu arus lalulintas di sejumlah titik, kata Ashadi.

Halaman:

Editor: Firmansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x