1.558 Orang Mengungsi Gara-gara Letusan Erupsi Gunung Merapi

- 14 November 2020, 22:31 WIB
Situasi letusan Merapi
Situasi letusan Merapi /*/Twitter @BPPTKG

JURNAL GAYA -Tercatat hingga hari ini Sabtu 14 November 2020 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak berjumlah 1.558 jiwa mengungsi karena erupsi Gunung Merapi Yogyakarta.

Berdasarkan data yang dikutip Jurnal Gaya dari rri.co.id jumlah warga dievakuasi terbesar di Kabupaten Magelang 814 jiwa, Klaten 307, Boyolali 253 dan Sleman 184.

Hewan ternak yang telah dievakuasi berjumlah 3.066 jiwa, dengan rincian di Kabupaten Boyolali berjumlah 2.874 ekor, 0Klaten 113 dan Sleman 79.

Baca Juga: Amati Foto Ini! Ada Awan Mirip Semar di Langit Merapi, Berikut Penjelasan dari BMKG

BNPB terus memastikan kesiapsiagaan semua pihak, khususnya di tingkat desa, dalam menghadapi ancaman bahaya letusan Gunung Merapi dan pandemi Covid-19. 

“Ancaman bahaya yang dihadapi tidak hanya erupsi Gunung Merapi tetapi juga pandemi Covid-19 sehingga apa yang harus dilakukan mengacu pada dua hal tadi,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya dan kementerian-lembaga sudah hadir di Yogyakarta.

Baca Juga: Waduh, Ada Lagi Perwira TNI Kena Begal Sepeda

Ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat serius terkait kesiapsiagaan terhadap ancaman bahaya Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Halaman:

Editor: Nadisha El Malika

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x