Forhati Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Pada Penyerangan Israel ke Muslim Palestina

- 15 Mei 2021, 07:23 WIB
Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021).
Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). /Bagus Kurniawan/ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem

JURNAL GAYA - Majelis Nasional Forum Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Wati (MN Forhati) mengecam atas penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsa saat ratusan jamaah muslim itikaf. Selain itu penyerangan pun dilakukan ke pemukiman-pemukiman warga di Jalur Gaza sehingga menyebabkan ratusan muslim meninggal dunia.

Mereka juga menegaskan serangan Israel ke Palestina sama dengan tidak menghormati umat Muslim dan hukum internasional. "Forhati mengecam keras penindasan rezim Israel terhadap warga Palestina dan pencaplokan Syekh Jarrah yang menjadi wilayah hukum Negara Palestina," kata Koordinator Presidium MN Forhati Hanifah Husein, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 15 Mei 2021.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Akan Hadir Bahas Serangan Israel ke Palestina untuk Dihentikan

Diungkapkannya, penyerangan terhadap jamaah yang sedang melakukan iktikaf menyambut lailatulqadar di dalam Masjid Al Aqsa dan di Gaza, membunuh ratusan warga Muslim. Terutama anak-anak dan perempuan, merupakan tindakan brutal, radikal dan teror yang merampas kemanusiaan serta kemerdekaan sejati rakyat dan Bangsa Palestina.

Israel, lanjut dia, wajib menghormati hak-hak Bangsa Palestina dan umat Muslim sedunia untuk menjalankan ibadah di Masjid Al Aqsa yang berada di wilayah Al Quds, kota suci tiga agama, yakni Islam, Kristen dan Yahudi, sekaligus menjamin keamanan serta kenyamanan umat Islam beribadah.

Majelis Nasional Forhati memberikan dukungan moril dan doa bagi perjuangan Bangsa Palestina, terutama kaum perempuan yang gigih menjaga dan mempertahankan martabat Bangsa Palestina.

Baca Juga: Kecam Israel, Raja Salman Dukung Palestina! PM Netanyahu Kontak Joe BidenBaca Juga: Kecam Israel, Raja Salman Dukung Palestina! PM Netanyahu Kontak Joe Biden

Ia juga mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera bertindak sekaligus menghentikan aksi brutal Israel yang bertujuan merampas seluruh wilayah Palestina sebagai wilayah Israel Raya.

Forhati juga mendesak Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk mengambil inisiatif menggerakkan dukungan seluruh negara-negara Islam sedunia memberikan dukungan terhadap Palestina.

Halaman:

Editor: Yugi Prasetyo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X